CQI di LTE



Apa itu CQI di LTE?

CQI kepanjangan dari Channel Quality Indicator. Sesuai namanya, CQI adalah indikator yang membawa informasi tentang seberapa baik / buruk kualitas saluran komunikasi.

CQI adalah informasi yang dikirimkan UE ke jaringan dan mengimplikasikan dua hal berikut:
1. Kualitas Saluran Komunikasi Saat Ini adalah ini
2. UE ingin mendapatkan data dengan ukuran blok transport ini, yang pada gilirannya dapat langsung diubah menjadi throughput.

Apa yang akan terjadi jika UE mengirim CQI yang tidak akurat?


Untuk HSDPA, nilai CQI berkisar dari 0 ~ 30. 30 menunjukkan kualitas saluran terbaik dan 0,1 menunjukkan kualitas saluran terburuk. Bergantung pada nilai mana yang UE laporkan, jaringan mentransmisikan data dengan ukuran blok transport yang berbeda. Jika jaringan mendapat nilai CQI tinggi dari UE, ia mengirimkan data dengan ukuran blok transport yang lebih besar dan sebaliknya.
Bagaimana jika UE melaporkan CQI tinggi bahkan ketika kualitas saluran yang sebenarnya buruk? Dalam hal ini, jaringan akan mengirim ukuran blok transport yang besar sesuai dengan nilai CQI dan itu akan berakibat UE sangat mungkin gagal men-decode-nya (menyebabkan kesalahan CRC pada sisi UE) dan UE mengirim NACK ke jaringan dan jaringan harus mengirimkannya kembali yang pada gilirannya menyebabkan pemborosan resource.

Bagaimana UE memperkirakan nilai CQI?

Sejauh yang saya tahu tidak ada deskripsi yang jelas dalam penentuan nilai CQI, tetapi terdapat beberapa faktor-faktor berikut yang dapat mempengaruhi pengukuran CQI:
  • signal-to-noise ratio (SNR)
  • signal-to-interference plus noise ratio (SINR)
  • signal-to-noise plus distortion ratio (SNDR)

Ini tidak didefinisikan dalam spesifikasi tentang bagaimana faktor-faktor ini digunakan dan apakah ada faktor lain yang terlibat. Implementasinya terserah pada pembuat chipset. Dalam kebanyakan kasus, pembuat chipset mendapatkan rumus matematika yang rumit yang disebut channel model dan memperoleh SNR / SINR / SNDR dari channel model. Dan kemudian, mereka melakukan banyak pengujian untuk mengkorelasikan SNR terukur dan BLER terukur oleh chipset dan membuat beberapa tabel internal (atau persamaan) untuk korelasi tersebut. Dan tabel pemetaan (fungsi) pada akhirnya akan digunakan untuk menentukan nilai CQI.

Nilai CQI and Expektasi PDSCH Modulation Scheme

Di LTE, ada 15 nilai CQI berbeda yang bersumber dari 1 hingga 15 dan pemetaan antara CQI dan skema modulasi, ukuran blok transport didefinisikan sebagai berikut:

Nilai CQI and Expektasi PDSCH Modulation Scheme

Di LTE, ada 15 nilai CQI berbeda yang bersumber dari 1 hingga 15 dan pemetaan antara CQI dan skema modulasi, ukuran blok transport didefinisikan sebagai berikut

 Anda perlu mengetahui jumlah blok sumber daya dan MCS untuk setiap nilai CQI untuk mengalokasikan sumber daya dengan benar untuk setiap UE. Dengan skema modulasi dalam tabel, Anda akan mendapatkan rentang MCS tertentu yang dapat Anda gunakan untuk setiap indeks CQI. Tetapi Anda tidak dapat menentukan MCS dan Jumlah RB tertentu. Anda membutuhkan kondisi lain untuk mendapatkan MCS dan N RB yang tepat dan itu adalah 'Coding Rate' yang ditunjukkan dalam tabel. Tapi tetap tidak ada rumus tunggal yang akan memberi Anda nilai tunggal / ditentukan untuk MCS dan NRB. Anda harus datang dengan satu set MCS dan N RB yang memenuhi skema modulasi dan persyaratan Nilai Kode dalam tabel.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CQI di LTE"

Posting Komentar